Housekeeping (tata graha) adalah
bagian dari departemen hotel yang mengatur atau menata peralatan, menjaga
kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah
(hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi
penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan
kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggng jawab menjaga, merawat
dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebeb
itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharan,
perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan
pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public
area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga dan fasilitas lainnya.
Mereka merupakan bagian dari team yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut
kedatangan tamu-tamu hotel. Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap
kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti
segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
Ruang lingkup tugas dan tanggung jawab
Bagian housekeeping harus bertanggung jawab atas ,kerapian
, keteraturan, kelengkapan kebersihan,
kenyamanan seluruh ruangan-ruangan
yang ada di dalam atau pun area hotel. Meliputi :
1. Guest room
2. corridor
3. restaurant and banquet
4. Office room
5. Rest room
6. Locker
7. Park and garden
8. Swimming pool
9. Parking area
Tugas Housekeeping Deparment
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih ,menarik,nyaman ,dan aman.
2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat
berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan ,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar.
4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan
ruangan umum di hotel.
5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor
6. Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan.
Sasaran Housekeeping
1. Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
2. Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
3. Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
4. Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka
Dalam operasional hotel, hal-hal
mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping,
yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive
Housekeeper. Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab
area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan
lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharan
dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut :
1.
Public
Area
Seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga
kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang
ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain Lobby area,
restroom, restaurant, meeting room, garden, parking area dan fasilitas untuk
karyawan hotel.
2.
Room
section
seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan
menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3.
Laundry
seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan
linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan meeting room,
menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang
kotor.
4.
Linen dan
Uniform
seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan
penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5.
Florist
seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai
bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6.
Health & recreational
bertanggung jawab atas pelayanan fasilitas-fasilitas umum yang disediakan hotel
untuk tamu, meliputi, spa and massage, fitness, golf, pool dan yang lainnya.
Formulir yang Digunakan pada Housekeeping
Jenis-jenis formulir yang dipergunakan administrasi di Housekeeping antara lain:
1 . Roomboy Control Sheet
2 . Room Report
4 . Lost and Damages Report
5 . Repair and Maintenant Report
6 . Linen Inventory Report
7 . Cleaning and Guest Supplies Report
8 . Lost and Found Report
9 . Log Book
1 0. Linen Laundry Delivery Slip
1 1. Room Check List
1 2. Lost and Found Book
1 3. Mini Bar Daily Sales Report
1 4. Mini Bar Daily Late Charge Report
1 5. Mini Bar Bill.
Hubungan Housekeeping Denpartment Dengan Front Office
Department
Dalam Room Division, hubungan housekeeping paling utama ialah
berkumunikasi dengan departemen
front office. Kedua departemen ini ibarat dua
sisi mata uang yang berbeda, Housekeeping yang membersihkan kemudian Front office sebagai penjualnya.
Hubungan housekeeping dengan front office secara umum adalah:
1. Laporan status kamar
Laporan room status terintegrasi dengan system secara online melalui computer, sehingga
status kamar dengan mudah dapat diketahui oleh front office.
Housekeeping bertanggung jawab
meng-update status kamar tersebut secepat
mungkin setelah diperiksa oleh housekeeping
supervisor.
Laporan room status termasuk Vacant Clean (VC), Vacant Clean Inspection
(VCI), Vacant Dirty (VD), Sleep out (SO), Occupaid No Lugagge (ONL), Out of Service (OS), Out of order (OO), Do not disturb (DND).
2. Laporan.Discrepancy
Housekeeping memeriksa secara langsung status dari tiap-tiap kamar berdasarkan status yang ada di computer. Perbedaan status di computer dengan
sebenarnya disebut Room Discrepancy. Laporan ini biasanya dilakukan minimum 2 kali sehari yaitu antara pukul 10 pagi dan 5 sore.
3. Laporan kehilangan dan penemuan barang
Setelah check
out, kamar diperiksa oleh housekeeping dan memastikan
bahwa kelengkapan barang-barang milik hotel tidak ada yang hilang. Jika ada
yang hilang, housekeeping melapor ke front office untuk memproses
pengembalian atau pembayarannya. Housekeeping
juga melaporkan setiap penemuan barang yang tertinggal, kemudian disimpan di housekeeping sebagai barang Lost and Found.
4. Laporan lainnya
Laporan ini termasuk Extra bed, baby cot, Loan items, baby sister, dan laporan kerusakan oleh tamu.
5. Room Blocking
Front office melaporkan perubahan status tiap-tiap kamar yaitu kamar VIP, Expected Arrival, Expected Departure, Group, Check out, show room dan change room.
6. PermintaanTamu
Front office memberitahukan kebutuhan tambahan yang diperlukan oleh tamu, misalnya extra
bed, baby cot, baby sister, kursi dan juga setiap masalah / complain dari tamu yang berhubungan dengan pelayanan housekeeping
7. Front Office memberi informasi kepada tatagraha bahwa ada tamu segera masuk / check-in sehingga tatagraha dapat menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.
8. mengirimkan daftar penghuni kamar setiap pagi.
9. mengirimkan daftar kamar-kamar yang akan
ditempati oleh tamu,meliputi
tamu perorangan Tamu rombongan,atau tamu penting (VIP).
10. Memberitahukan
kepada Housekeeping mengenai kamar-kamar yang
tamunya sudah check out sehingga kamarnya dapat di bersihkan.
11. memberikan guest slip agar tatagraha tahu tamu yang baru check in.
12. memberitahu perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
13. jika terjadi laporan perbedaan penghuni kamar,antara Housekeeping dengan Front Office, maka room discrepancy report dan diadakan pengecekan langsung.
Hubungan Housekeeping Department dengan Engineering Department
Hubungan kerja antara tatagraha dengan bagian engineering meliputin hal-hal sebagai Berikut :
1.
Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama menyangkut operasional
tata graha, perbaikan telepon,ac,air dan listrik.
2.
Perbaikan perlengkapan Housekeeping yang ada di kamar tamu.
3.
Melakukan perbaikan sesuai dengan work order dari housekeeping.
4.
Memberitahukan housekeeping dan front office tentang perbaikan yang lama, sehingga status kamar dibuat menjadi Out of order.
5.
Memberitahukan
housekeeping tentang perbaikan kamar yang sudah selesai, agar diperiksa dan melakukan general cleaning untuk dapat dijual kembali.Melakukan program perawatan dan perbaikan secara berkala untuk menjaga kondisi furniture, painting dan
peralatan di hotel berfungsi dengan baik.
Dengan demikian dapat dilihat bahwa antara bagian tatagraha dengan bagian engineering sangatlah erat. Jika peralatan operasional Housekeeping rusak,
berarti pekerjaan Tatagraha terganggu. Bagian tatagraha memerlukan bagian engineering untuk segera memperbaiki peralatan-peralatan yang rusak.
Hubungan housekeeping Department Dengan Food and BeverageDepartement.
1.
Membantu mengeluarkan peralatan room service dari dalam kamar.
2.
Menyediakan room kebutuhan linen yang diperlukan di restaurant dan meeting room.
3.
Berpartisipasi dan mendukung setiap acara yang
dilakukan oleh food and beverage
departemen.
4.
Menjaga kebersihan FB outlets dan meeting room
5.
Pelayanan room service kepada tamu.
6.
pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu penting di executive
room
Dengan pelayanan baik oleh tatagrahan dan food and beverage maka tamuakan merasa puas dengan pelayanan pihak hotel.
Hubungan Housekeeping Department dengan accounting
Department
1.
Bagian housekeeping
meminta barang-barang kepada bagia purchasing
(pembelian) dengan mengisi “purchase requitition”, seperti permintaan peralatan
kebersihan, chemical (bahan-bahan kimia),perlengkapan kamar,linen-linen dan barang-barang lainnya yang dapat menunjang kegiatan operasional housekeeping.
2.
Membantu housekeeping
dalam pembelian dan penyediaan barang dan peralatan yang dibutuhkan. Membantu persediaan barang-barang kebutuhan housekeeping sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.
Hubungan Housekeeping Departement dengan Bagian Personalia Departement & security
1. Pengadaan tenaga kerja
2. Pengangkatan pegawai
3. Pelatihan pegawai
4. Pemutusan hubungan kerja
5. Cuti karyawan
6. Surat peringatan untuk pegawai
7. Pembayaran gaji dan lembur pegawai
8. Membantu dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kepegawaian.
9.
Melakukan pelatihan, orentasi dan perencanaan karir karyawan.
10. Bagian housekeeping melaporkan hal-hal yang mencurigakan disekitar area pekerja sedangkan bagian security mengadakan pengawasan terhadap area kerja houseeping dan berusaha
untuk dapat mengantisipasai hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan kerja,
baik gangguan dari dalam maupun dari luar hotel.
Keamanan barang-barang milik tamu dan juga keselamatan mereka selama menginap. Membantu mengawasi barang-barang milik
hotel tidak dibawa keluar hotel oleh karyawan.
Dengan demikian bagian personalia mengatur segala sesuatu mengenai tatagraha selaku pegawai hotel tersebut.
COPYRIGHT BY,
= F.X Asan MAI =
''FAVEHOTEL SURABAYA''
kamu sekarang jadi pengarang buku hk ya......from paul
BalasHapushahaha buat persyaratan aja
Hapusdengan wisata hati gembira (for m,)
BalasHapusditunggu artikel yang lebih banyak lagi ;)